Friday, November 16, 2018

Tugas Credit Marketing Officer dan Perbedaan dengan Surveyor


    Aplikasi yang dimaksud disini adalah calon nasabah yang hendak membeli kendaraan dengan kredit dan disinilah tugas utama kita dimulai. Nantinya calon nasabah ini akan kita analisa kelayakan dalam beberapa aspek, yaitu : Character, Capacity, Capital, Condition, Collateral, dan Purpose.

Morning Everyone,

Back /w me, Vran Orlando Yoshua sebagai Credit Marketing Officer di salah satu Leasing ternama di Indonesia Rayaaaaa.

Nah kali ini saya akan membahas apa itu Credit Marketing Officer atau yang lebih dikenal dengan singkatan CMO dan apa bedanya dengan Surveyor !!

Pertama-tama, CMO adalah Suatu bidang pekerjaan yang biasanya dapat ditemukan di perusahaan yang bergerak dalam bidang peminjaman dana dan pembiayaan mobil secara kredit.
Nah, bagi yang belum pernah dengar atau baru pertama kali mendengar istilah ini jangan TERKECOH yah dengan BAHASA INGGRIS nya.. Biasa orang karna dengar Officer atau bahasa INGGRIS yang keren jadi terkecoh dan pas masuk malah MENYESAL 😢😢😢

Untuk INFORMASI,
Tugas Credit Marketing Officer dalam bidang pembiayaan kendaraan ini adalah sbb:
Hasil gambar untuk cooperate
1. Menjalin kerjasama dengan Dealer / Showroom.
    Tujuan dari tugas ini adalah untuk membangun kenyamanan antara CMO dengan Owner Dealer beserta anggota Owner yang berada dalam Dealer tersebut. Karena 80% konsumen didapatkan dari Dealer tersebut. Jadi hubungan yang baik akan menghasilkan performa dalam pekerjaan yang baik.



Hasil gambar untuk take


2. Menerima & Memproses aplikasi dari Dealer / Sales / Owner

  > Character = Menganalisa karakter calon nasabah apakah termasuk golongan kooperatif / tidak kooperatif dalam memberikan data dan dalam menjawab segala pertanyaan yang diajukan. poin ini adalah point terpenting yang harus dimiliki calon nasabah dari awal tenor sampai akhir tenor.

> Capacity = Menganalisa kapasitas keuangan calon nasabah melalui pendapatan per bulan dan kemampuan calon nasabah dalam membayar angsuran per bulan.

> Capital = Menganalisa asset yang dimiliki konsumen apakah tergolong bernilai tinggi atau tidak. asset merupakan gambaran dalam Capacity calon nasabah tersebut.

> Condition = Menganalisa kondisi bidang pekerjaan calon nasabah apakah dapat bertahan lama atau apakah dengan mengambil kendaraan ini dapat berpengaruh besar atau tidak sama sekali dalam perkembangan ekonomi calon nasabah.

> Collateral = Menganalisa kepahaman calon konsumen dalam sistem kredit yang akan dijalankan selama masa tenor berakhir dimana yang telah diatur dalam UU Fidusia.

> Purpose = Menganalisa tingkat kebutuhan calon nasabah terhadap unit atau kendaraan yang akan di kreditkan apakah dapat membantu calon nasabah atau malah memberatkan.

Setelah ke-6 poin tersebut dilaksanakan, maka kita dapat menarik kesimpulan apakah calon nasabah berikut layak dibiayai atau tidak. Namun, proses akan tetap berjalan dimana setelah melakukan survey kita wajib menyerahkan berkas aplikasi permohonan kredit kepada atasan kita terlebih dahulu.

Hasil gambar untuk menjalin kerjasama3. Menjalin dan Menjaga Pola Bayar Konsumen Kredit
    Ini adalah proses Finishing dalam pekerjaan sebagai CMO yaitu menjalin hubungan yang baik dan menjaga pola bayar Konsumen kredit kita. Menjalin hubungan baik dapat dilakukan dengan cara membantu konsumen saat mengalami kebingungan dalam proses atau cara bayar, proses claim asuransi, dan lainnya.






LALU apa perbedaan Credit Marketing Officer dengan Surveyor ??

Hasil gambar untuk confuse
Nah, Sebenarnya tugas dari kedua pekerjaan ini adalah sama yaitu menganalisa calon konsumen, namun untuk Surveyor sendiri hanya bertugas untuk menganalisa dan bertanggung jawab dengan konsumen yang telah di biayai sampai tenor yang ditentukan, Surveyor sendiri wajib stay di kantor dan wajib siap ketika dipanggil untuk survey oleh marketing yang bertugas di lapangan mencari aplikasi. Surveyor tidak diperbolehkan stay di Showroom atau mencari aplikasi.

Berbeda dengan CMO, mereka wajib stay di Showroom dan mencari aplikasi, lalu melakukan analisa calon konsumen dan bertanggung jawab dalam proses pembayaran konsumen sampai tenor yang ditentukan.

Nah terlihat dari penjelasan saya, apakah jelas kawan2 mana pekerjaan yang lumayan ringan dan mana yang lumayan berat.

Semua tergantung pada diri kawan2, dan kenyamanan itu terletak pada diri masing-masing. Ketika kita menyukai pekerjaan yang kita lakukan maka kenyamanan itu akan datang dengan sendirinya.


Sekian dari saya, semoga membantu kawan2 ku sekaliann..
jangan LUPA Follow yah dan add FB saya di Vran Orlando Yoshuaa,
BYeeeeeeeee.


No comments:

Post a Comment

About Me

My photo
Technology can upgrade, but, God always be almighty.